Blogger Widgets

Senin, 01 Desember 2014

PANDUAN PRAKTIKUM

PEMBUATAN ALKIL ALKANOAT (ESTER)


A.    Tujuan Percobaan
Pembuatan alkil alkanoat (ester)

B.     Dasar Teori
Ester merupakan senyawa turunan alkane yang mempunyai rumus kimia

CnH2nO2. Gugus fungsi ester berbentuk R-C-O-R. Ester berisomer fungsi dengan asam alkanoat. Ester memiliki titik didih dan titik beku yang lebih rendah dari titik didih dan titik beku asam karboksilat asalnya. Ester suku rendah berupa zat cair yang berbau harum (aroma buah-buahan). Sifat kimia ester dapat terhidrolisis dengan pengaruh asam membentuk alcohol dan asam karboksilat. Reaksi hidrolisi merupaka kebalikan dari reaksi pengesteran. Selain itu ester mudah direduksi oleh gas hydrogen menjadi alcohol. Ester juga mudah terhidrolisis oleh basa kuat menjadi garam karboksilat dan alcohol.
            Ester dapat dibuat dengan beberapa cara diantaranya; mereaksikan asam karboksilat dengan alcohol dalam suasana asam,mereaksikan perak karboksilat dengan alkil halide, mereaksikan anhidrida asam alkanoat dengan alcohol, dan mereaksikan halogen asam alkanoat dengan alcohol.
            Manfaat ester dalam kehidupan sehari-hari yaitu dapat digunakan sebagai sabun, aroma pada makanan dan minuman (essens), perawatan tubuh dan pembersih.
  
C.    Alat dan Bahan
Alat :
·         Tabung reaksi 4 buah
·         Tabung reaksi pipa samping 1 buah
·         Penangas air
·         Sumbat tabung 4 buah
Bahan :
·         Asam format
·         Etanol
·         Metanol
·         Asam butirat
·         Isobutanol
·         Asam sulfat
                 
D.     Cara  Kerja
1.      Mencampurkan sebanyak 5 mL etanol, 5 mL asam format, dan 1 mL asam sulfat pekat ke dalam tabung reaksi yang memiliki pipa samping, kemudian diisi tabung reaksi kecil dengan air dan dihubungkan dengan pipa samping pada tabung reaksi yang berisis campuran etanol, asam format dan asam sulfat pekat.
2.   Meletakkan tabung reaksi yang berisi campuran ke dalam penangas sambil dipanaskan. Mengamati apa yang terjadi dan mencium aroma yang dihasilkan.
3.   Percobaan yang sama dilakukan untuk campuran etanol dan asam butirat, methanol dan asam butirat, serta isobutanol dan asam format.

E.    Data Pengamatan
No.
Tabung
Campuran
Aroma
1
1
Etanol + asam format + asam sulfat pekat

2
2
Etanol + asam butirat + asam sulfat pekat

3
3
Metanol + asam butirat + asam sulfat pekat

4
4
Isobutanol + asam format + asam sulfat pekat

  
F.    Analisis Data
1.  Ester dapat dihasilkan dari reaksi antara alkohol dan asam karboksilat. Coba kamu kelompokkan bahan-bahan pada percobaan, manakah yang termasuk senyawa alkohol dan mana pula yang termasuk senyawa asam karboksilat?
2.      Tulis reaksi antara etanol dan asam format! Senyawa apa yang dihasilkan?
3.      Bagaimana aroma yang dihasilkan dari reaksi antara etanol dan asam format?
4.      Apa kesimpulanmu?

G.     Pertanyaan
1.      Mengapa reaksi antara alkohol dan asam karboksilat menghasilkan aroma yang khas?
2.      Cari senyawa-senyawa yang terkandung dalam zat aditif makanan seperti dalam pemberi rasa pandan, stroberi, coklat, atau lainnya yang dijual di pasaran!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar